Cara Kerja LCD Monitors

LCD singkatan dari "Liquid Crystal Display" merupakan jenis layar panel datar umum digunakan pada perangkat digital, misalnya: jam digital, appliance displays, dan komputer portabel. Menurut sebuah artikel PC dunia, liquid crystal adalah bahan kimia cair berupa molekul yang dapat disejajarkan secara tepat ketika mengalami medan listrik. Ketika, molekul sejajar, kristal cair memungkinkan untuk menghasilkan cahaya.

Sebuah layar LCD monokrom sederhana memiliki dua lembar polarisasi bahan dengan larutan kristal cair di antara layar. Listrik dialirkan sebagai solusi dan menyebabkan kristal menyelaraskan pola. Setiap kristal, karena itu adalah berupa buram atau transparan, membentuk angka atau teks yang dapat kita baca.

Cara Kerja LCD Monitors

Liquid crystal display: Sebuah teknologi layar digital yang menghasilkan gambar pada permukaan yang datar dimana cahaya bersinar melalui kristal cair dan filter berwarna. 
  • Menghemat banyak ruang, mengkonsumsi lebih sedikit daya, dan menghasilkan lebih sedikit panas dibandingkan tradisional sinar katoda monitor tabung.
  • Kurangnya flicker dan silau rendah mengurangi kelelahan mata.
  • Jauh lebih mahal dari CRT dengan ukuran yang sebanding.
Tersedia untuk beberapa tahun sebagai tampilan default pada laptop, layar ramping berbasis pada teknologi layar kristal cair semakin bergerak mendekati desktop. LCD memiliki banyak keuntungan dibandingkan sinar katoda monitor tabung. Mereka menawarkan naskah yang jelas dan tidak ada flicker menjengkelkan, yang berarti mereka dapat membantu mengurangi kelelahan mata. Karena mereka biasanya kurang dari sepuluh inci tebalnya, desktop monitor LCD memakan sedikit ruang dibandingkan lawan tradisional mereka CRT. Kelemahan LCD: Kualitas warna dari display LCD biasanya tidak dapat dibandingkan dengan yang dari CRT, dan harga tinggi dari desktop LCD berarti mereka masih mewah untuk sebagian besar orang.




Apakah di laptop atau desktop, sebuah layar LCD adalah ibarat sandwich yang berlapis-lapis tetapi ke arah samping. Sebuah sumber cahaya neon, yang dikenal sebagai lampu latar, membentuk potongan paling belakang LCD. Cahaya ini melewati pertama dari dua filter polarisasi. Cahaya terpolarisasi kemudian melewati sebuah lapisan yang berisi ribuan gumpalan kristal cair tersusun dalam wadah kecil yang disebut sel. Sel-sel tersebut, pada gilirannya, tersusun dalam baris-baris di layar, satu atau lebih sel membentuk satu pixel (titik terkecil yang terlihat pada display). Listrik menyebabkan sekitar tepi LCD menciptakan medan listrik yang memutar molekul kristal, garis cahaya dengan filter polarisasi kedua dan memungkinkan untuk melewatinya.

Untuk LCD monokrom sangat sederhana, seperti Anda temukan pada PalmPilot. Tapi LCD warna, seperti Anda temukan pada laptop PC, jauh lebih kompleks.



Dalam panel LCD warna, setiap pixel terdiri dari tiga sel kristal cair. Masing-masing tiga sel adalah fronted oleh penyaring, merah hijau, atau biru. Sinar yang melewati sel disaring menciptakan warna yang Anda lihat pada LCD. Kadang-kadang mekanisme mengirim arus listrik ke satu atau lebih piksel gagal; dalam contoh-contoh Anda akan melihat, benar-benar layar gelap.

Hampir semua LCD warna modern baik di notebook dan monitor desktop menggunakan sebuah transistor film tipis, juga dikenal sebagai matriks aktif, untuk mengaktifkan setiap sel. LCD TFT membuat gambar yang terang dan tajam. Sebelumnya teknologi LCD lebih lambat, kurang efisien, dan memberikan kontras yang lebih rendah. Yang tertua dari teknologi matriks, passive-matrix, menawarkan teks yang tajam tetapi meninggalkan gambar ghost di layar ketika perubahan tampilan cepat, sehingga kurang optimal untuk video gerak. Saat ini, kebanyakan palmtop hitam-putih, pager, dan telepon seluler menggunakan LCD passive-matrix.

Demikian Cara Kerja LCD Monitar, moga manfaat buat anda, Postingan ini di ambil dari cuplikan Ebook produk www.qbonk.com yang berjudul "STEP BY STEP MEMPERBAIKI MONITOR LCD" jika anda berminat untuk ahli dalam memperbaiki monitor LCD saya Rekomendasikan untuk membeli Ebook ini di toko online Teknisi Komuter Terlengkap dan terpercaya di www.qbonk.com, Daftar isi Ebook bisa anda baca dibawah ini.


DAFTAR ISI
CHAPTER 1
TEKNOLOGI LIQUID CRYSTAL DISPLAY
1. Sejarah Liquid Crystal Display – LCD
2. Nematic Phase Liquid Crystals
3. Proses Pembuatan Zat LCD
4. Backlit vs. Reflective
5. Passive dan Active Matrix
6. Cara Kerja LCD Monitors
CHAPTER 2
MENGENAL SIRKUIT MONITOR LCD
1. Power Supply Circuit
2. Inverter Circuit
3. Backlight (Lampu latar)
4. Mainboard/AD board
CHAPTER 3
MEMAHAMI BAGIAN-BAGIAN MOTHERBOARD MONITOR LCD
1. Memahami Mainboard
2. Memahami Inverter Board
3. Memahami Start Circuit
4. Memahami BackLight
5. LCD Monitor Panel
6. Mechanical frame
7. Controller Board
CHAPTER 4
PERALATAN KERJA SERVIS MONITOR LCD
1. Peralatan Kerja
2. Peralatan Test
3. Cara Membuka LCD Monitor Cover
CHAPTER 5
MEMAHAMI-MENGUKUR KOMPONEN ELEKTRONIKA MONITOR LCD
1. Mengenal dan Mengukur SMD Resistor
2. Pengujian kapasitor SMD
3. Mengenal dan Mengukur SMD Transistor dan Diode
4. Mengenal dan Mengukur IC Khusus Pada LCD Monitor
5. Mengenal dan Mengukur Schottky Diode Rectifier LCD Monitor
CHAPTER 6
MENGENAL TITIK PENGUKURAN TEGANGAN MONITOR LCD
1. Mengukur Tegangan Masuk Pada Power Supply
2. Mengukur Tegangan Pada capacitor
3. Mengukur voltage (VCC) power IC
4. Mengukur Tegangan Sekunder
5. Mengukur Tegangan Regulator
6. Mengukur Tegangan Pada Inverter Board
7. Mengukur Tegangan Pada high voltage transformer
CHAPTER 7
KERUSAKAN MONITOR LCD DAN CARA MEMPERBAIKI
1. Dead Pixel LCD Monitors, dan Cara Mengatasi
2. Color Problems Pada LCD Monitor
3. White Display Problem Pada LCD Monitor
4. Garis Vertical LCD Monitor dan Solusinya
5. Satu Garis Horizontal LCD Monitor dan Solusinya
6. Memperbaiki Power Adapter LCD Monitor
7. Kasus Bar Hitam Putih Pada Layar dan Solusinya


Share this post :

Hubungi Kami Via YM

Ebook Gratis Buat Anda


 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Teknisi Komputer Handal - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger